Pengertian Akuntansi



          Dalam kegiatan akuntansi dewasa ini semakin berkembang mengakibatkan pengertian akuntansi bergantung pada sudut pandang mana penekannya. American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai proses identivikasi, pengukuran dan komunikasi informasi ekonomi untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan-ertimbangan ddan keputusan-keputusan oleh para pemakai informasi tersebut.
         
Pengertian akuntansi diatas menekankan kepada fungsi dan kegiatan akuntansi sehingga dapat disimpulkan, sbb:
a.   Dipandang dari sudut fungsi atau kegunaannya, akuntansi merupakan aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan, sehingga memungkinkan pemimpin (manajemen) perusahaan atau pihak-pihak di luar perusahaan membuat pertimbangan-pertimbangan dan mengambil keputusan ekonomi yang tepat.
b.   Dipandang dari sudut kegiatannya (prosesnya), akuntansi adalah suatu proses yang meliputi identifikasi,, (penentuan), pengukuran dan penyampaian informasi ekonomi.
Informasi ekonomi yang dihasilkan proses akuntansi merupakan ikhtisar data transaksi keuangan perusahaan yang terjadi selama satu periode tertentu. Oleh karena itu sarana (obyek) kegatan akuntansi ialah transaksi yang bersifat finansial (keuangan), atau transaksi yang pengaruhnya daapat di ukur dengan satuan uang.   

0 komentar:

Posting Komentar