Akun Perusahaan Dagang


-              
AKUN-AKUN YANG TERDAPAT DALAM PERUSAHAAN DAGANG

                 Selain transaksi penjualan, pembelian, retur, pengurangan harga, dll pada perusahaan dagang juga sering terjadi transaksi pembayarn biaya angkut pembelian dan beban pengiriman barang ke tempat pembeli. Untuk mencatat transaksi-transaksi tersebut di atas, dalam buku besar perusahaan dagang biasanya disediakan akun-akun sbb:
1.    Pembelian (purchase). Berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi pembelian barang dagangan baik melalui pembayarn tunai maupun kredit.

2.    Retur pembelian dan pengurangan harga (purchase returns and allowances). Berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli kepada pihak penjual, atau pengurangan harga yang disepakati penjual misalnya barang yang dibeli sebagian rusak.
3.    Potongan pembelian (purchase discount). Berfungsi sebagai tempat mencatat potongan harga yang diterima dari penjual.
4.    Biaya angkut pembelian (fraight paid) sering disebut biaya angkut masuk , akun tersebut digunakan sebagai tempat mencatat biaya pengangkutan barang yang dibeli.
5.    Penjualan (sales). Berfungsi sebagai tempat mencatat transaksi penjualan barang dagangan, baik secara tunai maupun secara kredit.
6.    Retur penjualan dan pengurangan harga (sales return and allowances). Berfungsi sebgai tempat mencatat transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual, atau pengurangan harga yang diberikan kepada pihak pembeli.
7.    Potongan penjualan (sales discount). Akun tsb digunakan sebagai tempat mencatat potongan harga yang diberikan kepada pembeli.
8.    Beban pengiriman barang. Sering disebut juga biaya angkut keluar. Digunakan sebagai tempat mencatat pengeluaran untuk pengiriman barang ketempat pembeli. 

Daftar Pustaka
Somantri, Hendi.2007. Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico

0 komentar:

Posting Komentar