Pencatatan Transaksi dalam Buku Besar Pembantu



            Buku besar pembantu (Subsidiary Ledger) merupakan perluasan dari buku besar umum (General Ledger). Catatan dalam buku besar pembantu merupakan rincian dari salah satu akun buku besar umum. Berikut adalah macam-macam buku besar pembantu dalam perusahaan jasa :
a.      Buku besar pembantu hutang (accounts payable subsidiary ledger), berfungsi sebagai tempat mencatat perubahan hutang kepada kreditur secara individual  sehingga merupakan rincian dari akun Hutang dagang dalam buku besar umum.
b.
      Buku besar pembantu  piutang (accounts receivable subsidiary ledger), berfungsi sebagai tempat mencatat perubahan piutang (tagihan) kepada debitur secara individual sehingga merupakan rincian dari akun piutang dagang dalam buku besar umum.
Sumber pencatatan dalam buku besar pembantu adalah bukti-bukti transaksi yang mengakibatkan perubahan baik terhadap hutang maupun piutang perusahaan.
Misalnya faktur pembelian, faktur penjualan, bukti penerimaan kas, bukti pengeluaran kas, dan nota debet/kredit. Dengan demikian dalam perusahaan yang menyelenggarakan buku pembantu hutang maupun buku pembantu piutang dicatata dengan prosedur, sbb:
a.      Dicatat dalam buku jurnal untuk dipindah bukukan ke dalam buku besar, baik setiap pos jurnal secara individual maupun secara kolektif.
b.      Dicatat kedalam buku pembantu yang selanjutnya pada tiap akhir periode tertentu dari data buku pembantu disusun daftar saldo. Artinya dari data buku pembantu hutang pada akhir periode disusun daftar saldo hutang dan dari data buku pembantu piutang disusun daftar saldo piutang.
Jika tidak terjadi kesalahan pencatatan baik dalam buku jurnal atau dalam buku pembantu, saldo akun hutang dalam buku besar pada akhir periode harus sama dengan jumlah hutang pada akhir periode menurut buku pembantu hutang (daftar saldo hutang). Demikian pula saldo akun Piutang harus sama dengan jumlah piutang menurut buku pembantu piutang (daftar saldo piutang).

Daftar Pustaka

Somantri, Hendi.2007.
Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico


0 komentar:

Poskan Komentar